Pernahkah Anda ingat waktu pertama kali interview kerja di perusahaan, pewawancara menanyakan “Apakah kekuatan Anda?” dan “Apakah kelemahan Anda?”.

Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan karyawan merupakan salah satu kunci untuk menempatkan karyawan yang tepat pada pos – pos yang perlu diisi dengan kandidat terbaik.

Menurut survey yang dilakukan oleh Gallup pada 2015, melaporkan bahwa fokus pada kekuatan dapat memberikan perusahaan peningkatan pada berbagai aspek. Seperti laba, penjualan, retensi karyawan, dan bahkan keamanan.

Namun, akan sulit untuk mencapainya jika perusahaan Anda belum pernah mengidentifikasi kekuatan setiap karyawan. HR Software akan membantu menemukan kekuatan karyawan dan memanfaatkannya untuk keuntungan perusahaan. Berikut langkah – langkahnya:


Mengadakan Tes Identifikasi Kekuatan Karyawan

Manfaatkan HR Software untuk mengadakan sebuah tes kekuatan yang memudahkan tim HR memetakan kekuatan setiap karyawan. Dari pemanfaatan HR Software, tim HR bisa secara otomatis membagikan tes, menentukan hasil dan menginformasikan ketentuan tes.

Nantinya, karyawan bisa mengikuti tes dan menganalisa hasilnya secara mandiri. Berikan sedikit reward seperti hadiah atau bonus uang tunai untuk memotivasi karyawan ikut berpartisipasi dalam tes ini.

Laporkan Hasil

Setelah tes kekuatan dilakukan, HR Software dapat digunakan untuk menginformasikan hasil tes kepada karyawan. HR Software  memungkinkan karyawan untuk melihat kekuatan rekan – rekan yang lain. Hal ini bertujuan agar mereka bisa saling menginspirasi dan membuat gagasan bekerja sama dengan lebih baik.

Karyawan yang memiliki kekuatan tertentu akan saling melengkapi kinerja karyawan lain dalam melakukan tugas atau pekerjaan dengan lebih baik.

Diskusikan Kekuatan dan Tetapkan Tujuan

Kekuatan tidak boleh dibiarkan sebagai data pasif. Sebaliknya, diskusikan kekuatan ini untuk merancang dan memetakan tugas atau tujuan yang melibatkan karyawan. Hal ini akan membantu karyawan mengoptimalkan bagaimana cara mereka bekerja di masa depan.

Baca Juga : Fitur yang Wajib Ada Di Software HRD

Gunakan Kekuatan dalam Perencanaan Tugas

Perencanaan tugas seringkali hanya berdasarkan sertifikasi dan kualifikasi yang terdokumentasi di atas kertas. Sayangnya, dalam praktiknya masih sulit mengidentifikasi karakteristik pribadi yang akan melengkapi skill karyawan untuk suatu pekerjaan.

Sebagai contoh, untuk mengisi posisi manajer sales, tim HR membutuhkan kandidat yang berkarakter: mudah bergaul, komunikatif, menghargai nilai – nilai serta memiliki jiwa kepemimpinan. Untuk menemukan kandidat yang cocok, tim HR cukup melihatnya dari hasil tes uji kekuatan pada HR Software.

Membentuk Tim Ideal untuk Suatu Proyek

 

Jika perusahaan Anda sedang menghadapi suatu proyek yang membutuhkan tim kompak dan memiliki karakter yang bisa diandalkan, mengidentifikasi kekuatan karyawan akan sangat membantu.

Cara terbaik untuk menemukan anggota tim untuk proyek tertentu dalah mengenali kekuatan tim sesuai hasil tes pada HR Software . Setelah menggunakan Software HR Indonesia, tetapkan anggota tim Anda. Komunikasikan tentang apa saja kekuatan masing – masing anggota dan buatlah tim yang solid.

Nah, bagi Anda yang ingin mengidentifikasi siapa saja talenta terbaik dalam perusahaan yang akan menjadi tim solid dan kompeten, manfaatkan fitur yang ada pada HR Software. Kunjungi laman LinovHR untuk meminta demo atau trial gratis hari ini.

Tinggalkan Balasan